Monday 19 December 2016

Bentuk-bentuk Roda Gerinda




Bahan-bahan yang digerinda, diasah ataupun dibentuk dengan berbagai ragam memerlukan cara-cara pengerjaan yang berbeda-beda. Untuk memenuhi pekerjaan tersebut diatas roda gerindanya pun disediakan dalam berbagai macam bentuk dan ukuran standar yang berbeda-beda pula.
Bentuk-bentuk roda gerinda standar dan yang ada dipasaran  antara lain :
a.                   Roda gerinda lurus
Roda gerinda bentuk lurus dibuat dengan ukuran garis tengah 6 mm sampai 200 mm. Bentuk roda gerinda ini bisa digunakan untuk menggerinda bagian luar dan bagian dalam, baik pada mesin gerida silindris, permukaan ataupun pada mesin gerinda meja.



Gambar 1.7
Roda Gerinda lurus
b.                   Roda gerinda silindris
Roda gerinda ini mempunyai ukuran diameter 200 mm sampai 700 mm dengan ketebalan 100 mm s.d 200 mm. Fungsinya untuk menggerinda bagian sisi benda kerja pada mesin gerinda sumbu tegak  dan sumbu mendatar.



Gambar 1.8
Roda Gerinda Silindris

c.                    Roda gerinda mangkuk lurus
Roda gerinda ini mempunyai ukuran diameter 63 mm sampai 762 mm dengan ketebalan 38 mm s.d 200 mm. Fungsinya untuk menggerinda bagian sisi benda kerja baik yang dipakai pada mesin gerinda sumbu tegak  dan sumbu mendatar.

Gambar 1.9
Roda Gerinda Mangkuk Lurus

d.                   Roda gerinda mangkuk miring
Roda gerinda ini mempunyai ukuran diameter 75 mm sampai 300 mm dengan ketebalan sisi 32 mm s.d 76 mm, sedang tebal bagian miringnya 6 mm s.d 38 mm. Fungsinya untuk menggerinda atau mengasah alat –alat potong antara lain : pisau-pisau fris, pahat bubut, pisau-pisau bentuk dan sejenisnya.


Gambar 1.10
Roda Gerinda Mangkuk Miring

e.                   Roda gerinda tirus dua sisi
Roda gerinda ini mempunyai ukuran diameter 254  mm sampai 762 mm dengan ketebalan 25 mm s.d 100 mm. Fungsinya untuk membersihkan percikan las pada benda-benda setelah dilas.


Gambar 1.11
Roda Gerinda Tirus Dua Sisi

f.                     Roda gerinda cekung satu sisi
Roda gerinda ini mempunyai ukuran diameter luar 10 mm sampai 915 mm dengan ketebalan 6 mm s.d 125 mm dan diameter bagian cekung  dari 6 mm sampai 381 mm. Pada prinsipnya roda gerinda ini digunakan untuk penggerindaan silindris, tetapi banyak digunakan untuk pengasahan pahat bubut.

Gambar 1.12
Roda Gerinda Cekung Satu Sisi
g.                   Roda gerinda cekung dua sisi
Roda gerinda ini mempunyai ukuran diameter 300 mm sampai 915 mm dengan ketebalan 32 mm s.d 150 mm. Fungsinya utamanya untuk penggerindaan silindris.
Gambar 1.13
Roda Gerinda Cekung Dua Sisi

h.                   Roda gerinda piring
Roda gerinda ini mempunyai ukuran diameter 75 mm sampai 200 mm dengan ketebalan 13 mm s.d 25 mm. Fungsinya utamanya untuk menggerinda pisau-pisau fris pada mesin gerinda alat potong.
Gambar 1.14
Roda Gerinda Piring

i.                     Roda gerinda piring sisi radius
Roda gerinda ini mempunyai ukuran diameter 150 mm sampai 305 mm dengan ketebalan 13 mm s.d 19 mm. Fungsinya utamanya untuk membentuk gigi geraji.


Gambar 1.15
Roda Gerinda Piring Sisi Radius


j.                     Roda gerinda bentuk khusus
Roda gerinda ini mempunyai ukuran dan bentuk yang beragam. Roda-roda gerinda ini digunakan untuk keperluan khusus. Roda-roda gerinda ini antara lain :
1)                   Roda gerinda offset
2)                   Roda gerinda mangkuk ganda
3)                   Roda gerinda bentuk ekor burung/kontersing
4)                   Roda gerinda bentuk ekor burung mendaki
5)                   Bentuk tirus satu sisi
6)                   Roda gerinda pemotong
7)                   Roda gerinda segmen
8)                   Roda gerinda lubang dan alur
Untuk menggerinda lubang-lubang yang kecil digunakan digunakan roda-roda gerinda seperti roda gerinda alur, bentuk radius, segi empat atau bentuk ekor  burung. Roda – roda itu ada yang berlubang untuk memegang sumbunya ada juga yang bertangkai.

No comments:

Post a Comment